Informative and Educative




Diawal kemunculannya yaitu di era 90-an, chess opening book hanya diperuntukan 10 langkah pertama permainan catur. Sudah tentu, opening book catur yang diperbincangkan disini adalah chess opening book yang dikonsep secara pemograman komputer.
Sejatinya, fungsi utama chess opening book adalah pemberi warna terhadap sebuah permainan, yang banyak menerapkan strategi para pendahulu seperti  Sicilian Defence, Ruy Lopez, Queen's Gambit dan lain sebagainya, serta dikemas secara modern melalui proses banyak perhitungan, perbaikan, penambahan dan penggabungan.
Selain sebagai pemberi warna, keuntungan yang didapat menggunakan opening book adalah mempermudah kinerja chess engine pada permulaan permainan. Dengan itu, engine memiliki waktu lebih untuk 'berpikir' dan menyelesaikan permainan.
Dengan berkembangnya zaman di sektor perkomputeran, mulai muncul banyak opening book yang mampu menjamah middle game bahkan sampai end game.
Dengan kata lain, penggunaan chess opening book sangat dianjurkan guna menunjang variasi, durasi dan optimalisasi permainan.

Terima Kasih